Sosok Detail

Oca Pulang Kampung dengan Segudang Semangat

Oca Pulang Kampung dengan Segudang Semangat

  • 21 Januari 2019
  • 1542

BANJARMASIN (18 Januari): Panggilan hati membawa Gusti Rosalina Indah, SE untuk berperan aktif membangun tanah kelahirannya, Kalimantan Selatan. Oca --begitu dia akrab disapa-- matang bersama masyarakat. Dia melewati masa pendidikannya di Kota Malang, Jawa Timur hingga New Zealand.


Perempuan kelahiran Banjarmasin, Kalsel,  3 September 1975 ini mengawali kariernya sebagai seorang model di Kota Malang hingga akhirnya melanjutkan perantauannya ke berbagai daerah di Tanah Air.


“Alhamdulillah aku bisa berprestasi banyak di situ (modeling). Selain berprestasi sebagai model aku juga suka balap mobil,” katanya, ketika berbincang bersama partainasdem.id, beberapa hari lalu.

Hobi tersebut semakin berkembang dalam perjalanan karier Oca hingga akhirnya mengantarkannya ke Ibu Kota. Oca bahkan terpilih sebagai Juara II dalam salah sebuah ajang pencarian bakat Cipta Bintang Sinetron pada medium 1997.


Bisa dibilang Oca adalah representasi anak muda Indonesia yang memiliki segudang bakat dan prestasi. Sebab tak hanya sibuk menggeluti dunia entertain, Oca juga aktif bekerja mengikuti passionnya sebagai seorang public relations dan instruktur kepribadian di beberapa tempat seperti di Kota Batam.


Berbagai judul film dan sinetron telah diperankan Oca dengan ciamik. Begitu juga di bidang tarik suara. Belum lama ini Oca merilis lagu terbarunya berjudul 'Taubat'. Bahkan sebagai bentuk dukungannya kepada Presiden Jokowi, Oca dipercaya group band kenamaan Indonesia Naff untuk berkolaborasi.


Mereka juga menggaet band milenial The Maja untuk berkolaborasi dan melahirkan sebuah lagu fenomenal berjudul “Jokowi Untuk NKRI.”


“Membuat satu lagu untuk Bapak Presiden kita tercinta Bapak Jokowi,” kata Oca.

Oca mengaku tertarik membawakan lagu tersebut sebagai dukungan nyata bahwa dia telah merasakan kinerja yang sudah dilakukan Presiden Jokowi di periode pertamanya. Sekarang dia menyatakan dukungannya untuk Jokowi melanjutkan kepemimpinannya di periode selanjutnya.


Selain bermain film dan menyanyi, Oca juga  memiliki fokus yang telah menjadi prioritasnya. Dia maju sebagai Caleg DPR RI Partai NasDem Dapil Kalimantan Selatan I nomor urut 2.


Menurut Oca dengan segala kelebihan yang dimiliki tanah kelahirannya itu, Kalimantan Selatan harus mampu melangkah untuk semakin lebih maju lagi.


“Kalimantan Selatan berkembang pesat dengan sumber daya alamnya yang luar biasa tetapi pastinya bisa lebih maju lagi kalau sumber daya alamnya dikelola langsung oleh penduduk setempat sehingga masyarakat bisa terlibat langsung dalam prosesnya,” lugasnya.

Hal semacam itu diyakini Oca akan berdampak kepada berkurangnya jumlah penduduk yang belum memiliki pekerjaan.


“Karena yang saya lihat untuk pengelolaan sumber daya alam di sana lebih banyak dilakukan investor luar yang tidak melibatkan masyarakat secara keseluruhan,” ungkapnya.

Menurutnya masyarakat Kalsel tergolong fanatik dan sangat religius dalam beragama. Dia yakin betul bahwa indikator tersebut dapat menjadi salah satu modal penting dalam membentuk karakter generasi bangsa Indonesia di masa depan yang berakhlak mulia.


“Itu modal dasar untuk membentuk generasi mendatang. Yaitu mempunyai akhlak yang baik. Tetapi anak-anak muda di Kalimantan Selatan juga perlu ditingkatkan prestasinya di bidang lain seperti olahraga,” tukasnya.

Untuk mewujudkan itu semua, Oca yang dikenal memiliki jiwa sosial yang tinggi ini menyatakan perjuangannya dalam menghadirkan sarana, wadah dan kultur yang maju kepada anak-anak muda Kalimantan Selatan sebagai landasan menuju generasi bercahaya. 


“Dan pemuda pastinya identik dengan speed and power. Saatnya menentukan pilihan. Kami berkarya tak mewakili warna. Yuk baguskan bicaramu, sopan dan bersihkan tuturmu dalam berkampanye. NKRI tetap satu,” tandasnya.(*)